Home » » Beginilah Orang-Orang Kamboja Membuat Pesawat dari Tutorial YouTube

Beginilah Orang-Orang Kamboja Membuat Pesawat dari Tutorial YouTube

Posted by Indonesia Baca on Friday 7 July 2017


Paen Long sedang membangun pesawat terbang dari nol menggunakan bagian bekas dan video YouTube, bertekad untuk melihatnya terbang.
Provinsi Prey Veng, Kamboja - Pada bulan Maret, setelah setahun bekerja keras, ciptaan Paen Long, sebuah mesin yang eye catching yang dibangunnya dari nol, berdiri menghadap ke jalan tanah lurus yang panjang, lebih luas daripada kebanyakan di pedesaan Kamboja.

Di sela-sela, puluhan tetangga dari desa-desa terdekat menunggu dengan harapan yang terus tumbuh, untuk melihat sebuah pesawat buatan tangan, yang dibangun oleh seorang mekanik mobil Kamboja, terbang.

Ini adalah kesempatan bagi Paen Long untuk membuktikan bahwa dia bisa membangun sebuah pesawat terbang yang bisa terbang dan juga, memenuhi impian masa kecil, yang telah merasuki kehidupan orang-orang di sekitarnya.

Di rumahnya di provinsi Prey Veng, sebelah timur ibu kota Phnom Penh, setelah memasuki sebuah garasi lembaran logam di mana mesin, piston, dan rantai lama hidup berdampingan dengan ayam, anjing dan pejalan kaki anak keduanya, montir berusia 30 tahun berbicara tentang Latar belakang dan rangkaian acara yang menyebabkan hari penting ini.


Paen Long lahir di provinsi Svay Rieng, di sebuah desa yang dekat dengan perbatasan timur dengan Vietnam. Yang ketiga dari enam anak, Paen Long mulai menggiring ternak tetangganya pada usia tujuh tahun untuk mendapatkan uang untuk keluarganya.

Dua tahun setelah dia menikah dan pasangan itu memiliki anak pertama mereka, Paen Long mengungkapkan rencana tuannya kepada istrinya. Awalnya, dia mencoba menghentikannya, percaya itu terlalu berbahaya.

"Saya tidak membiarkan dia melakukannya, kemudian dia masih terus bersikeras, itu mimpinya sejak dia masih muda, jadi saya mengizinkannya mengikuti mimpinya," kata istri Hing Mouy Heng, Paen Long. "Dia berjanji kepada saya bahwa dia tidak akan membiarkan hal itu mengancam hidupnya."

Setiap malam, Paen Long menghabiskan berjam-jam di tablet, menonton video YouTube tentang pesawat terbang, kecelakaan dan pembangunan pesawat terbang dalam bahasa Inggris, serta bahasa-bahasa lainnya.

"Meskipun saya tidak mengerti bahasanya, saya dapat melihat dan menebak apa yang mereka maksud dan bagaimana mereka melakukannya, karena saya adalah seorang mekanik, oleh karena itu, saya dapat dengan mudah memahami proses kerja," kata Paen Long, yang hanya hobi adalah Membangun sesuatu di waktu senggangnya.



Tapi dia mengatakan ini bukan pertama kalinya dia tertarik dengan pesawat terbang atau mencoba membangunnya.


Sebagai seorang Buddhis yang berlatih, Paen Long percaya pada reinkarnasi. Dia percaya bahwa di salah satu kehidupan sebelumnya, dia adalah seorang pria Muslim yang tahu "teknologi di balik pembangunan pesawat terbang".

"Dulu saya tahu [bagaimana membangun pesawat terbang]," katanya. "[Jadi] saya bisa mengetahuinya sekarang."

Menggabungkan pengetahuan barunya - dan apa yang dia katakan adalah pengalaman dari kehidupan masa lalunya - dia mulai membangunnya. Terobosan pertama adalah pesawat yang dikendalikan jarak jauh. Setelah sukses, ia memutuskan untuk membangun pesawat terbang yang bisa "mengangkut orang".
 



Di bagian belakang salah satu dari enam garasinya, beberapa usaha awalnya tersebar di sekitar, bukti tekad dan ketekunannya. Ia tidak puas dengan hasil usaha keduanya, jadi tidak pernah diuji coba. Model ketiganya, pesawat tempur manusia yang diuji pada bulan Maret, membutuhkan waktu satu tahun untuk menyelesaikannya.

Pesawat terbang satu tempat duduk itu adalah hibrida dari logam daur ulang, kayu dan bekas dari kendaraan lain. Roda datang dari sepeda motor, mesin 35 tenaga kuda dari sebuah kapal, pit adalah drum bensin dan tongkat kontrol berasal dari pergeseran gigi mobil. Paen Long mengakui bahwa kualitas keseluruhannya agak biasa-biasa saja, namun ia berpendapat bahwa yang pada akhirnya penting adalah bahwa "pesawat bisa terbang".

Sejauh ini, dia telah mengeluarkan $ 18.000 dari anggaran sebesar $ 30.000, dari uang yang dia hasilkan dari toko mekaniknya yang sukses. Dia meminta istrinya untuk mencari uang karena, seperti yang sering terjadi di Kamboja, wanita mengelola keuangan rumah tangga.

Pendanaan bukan satu-satunya tantangan. Dia mengatakan bahwa sejak dia mulai mengejar mimpinya, sebagian besar temannya menjauhkan diri darinya; Orang lain di desa terdekat memanggilnya gila.

"Mereka berbicara di belakang punggung saya dan orang-orang datang untuk memberitahu saya ini Kadang-kadang, air mata saya jatuh karena ini Tapi saya masih tidak menyerah," katanya.

Di dekat rumahnya, di sebuah desa kecil di sepanjang jalan nasional, semua orang tahu tentang pencipta pesawat. Seorang pemilik warung kopi mengatakan bahwa Paen Long adalah orang pintar dan montir yang baik. Tapi dia mengatakan beberapa orang berpikir "dia tidak memiliki keterampilan teknis terkait pesawat terbang untuk membuatnya terbang" dan bahwa penduduk desa "khawatir tentang pesawat yang menabrak rumah mereka."


Kepala komune Prey Chhor, Sek Kheang, tidak setuju. Dia mengatakan Paen Long adalah orang baik dan menolak gagasan bahwa orang berpikir dia gila, karena jika orang melakukannya, mereka tidak akan memberinya bisnis. "Garanya tidak pernah kekurangan pelanggan," katanya.

Kembali pada bulan Maret, Paen Long menjelaskan bahwa dia memutuskan untuk menguji pesawat sebulan lebih cepat dari jadwal setelah perusahaan produksi lokal memintanya untuk menjadi bagian dari kampanye periklanan. Itu untuk iklan perusahaan telekomunikasi yang menampilkan perjuangan orang muda bertahan saat mereka mengejar impian mereka.

"Mereka hanya meminta saya untuk mengemudikan pesawat secara bolak-balik secara normal, namun manajer produksi berpikir jika pesawat hanya berlari di tanah, tidak ada yang hebat," dia menjelaskan sambil berjalan di sepanjang jalan tanah yang sama dari tempat dia mencoba. Lepas landas

"Saya merasa bahwa saya mungkin tidak dapat mengendalikannya atau ada beberapa masalah teknis, tapi saya berkata pada diri sendiri, 'Saya harus mengujinya, jika saya tidak mengujinya, saya tidak akan tahu'."


Paen Long mengingat bagaimana dia melaju ke titik di mana "pesawat memiliki kecepatan yang cukup untuk bisa terbang". Kemudian pesawat "diangkat dari tanah" tapi dia bilang dia khawatir dengan penonton sehingga dia menurunkan kecepatan, kehilangan kontrol dan menyebabkan pesawat jatuh di kolam di samping jalan. Dengan ban kempes dan sayap yang rusak, persidangan usai. Iklan tidak menunjukkan tabrakan, namun hanya sesaat sebelum lepas landas.

Direktur komersial, Somchanrith Chap, mengatakan bahwa itu adalah inisiatif Paen Long untuk mencoba menerbangkan pesawat. Mereka membayarnya $ 200 untuk partisipasinya, menurut montir.

Paen Long tidak terluka, tapi dia tidak tahan kehilangan muka secara terbuka. Dia meninggalkan pesawat di belakang dengan beberapa teman dan pulang ke rumah dengan sepeda motornya sendiri. "Saya tidak bisa tidur malam itu, saya duduk sepanjang malam sampai istri saya memberi tahu saya: 'Pergilah tidur, jangan berpikir terlalu banyak'."

Malam itu, Paen Long pergi memeriksa pesawat lagi untuk melihat apa yang salah. "Saya terus melihatnya, dan saya pikir, saya akan menciptakannya lagi, saya akan membuat pesawat lagi," katanya.

Sekarang, di tengah salah satu bengkelnya, kerangka pesawat terbang baru menonjol di antara minivan, mobil pribadi dan sepeda motor. Upaya keempat adalah pesawat terbang amfibi. "Ini lebih menguntungkan," katanya dengan percaya diri. "Waktu bangunan akan lebih cepat, pesawatnya lebih ringan, risikonya rendah."

Paen Long mengatakan jika dia sukses, dia berharap suatu hari bisa memproduksi pesawat terbang di Kamboja. Dia melihatnya sebagai jalan menuju pembangunan "sehingga negara tetangga tidak akan memandang rendah kita".

Ketika ditanya apakah dia takut menabrak, dia menjawab bahwa "tidak boleh ada ketakutan di seputar topik kematian karena tidak dapat dihindari".

"Saya sudah memutuskan, saya sudah memutuskan untuk mati dalam kecelakaan pesawat," katanya. "Yang penting adalah saya menyelesaikan mimpiku."


 


Thanks for reading & sharing Indonesia Baca

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search

Entri Populer